Posisi Tidur Yang Benar Untuk Kesehatan Tubuh

Posisi Tidur Yang Benar Untuk Kesehatan Tubuh

Tidur adalah tindakan terbaik untuk menetralisirkan semua organ tubuh untuk beristirahat. Setiap manusia tentunya mempunyai aktifitas keseharian yang tentunya menguras banyak tenaga dan butuh waktu istirahat yang pas dengan cara tidur.

Untuk waktu yang diperlukan organ tubuh untuk menetralisirkan tentunya berbeda-beda. Dilihat dari rentang usia tertentu dimana dibedakan menjadi beberapa tingkatan dan  memiliki jumlah waktu tidur yang wajib dilakukan demi kebaikan tubuh.

Dilihat dari bayi, memerlukan waktu tidur wajib selama 14 – 17 jam per hari, Sedangkan balita 10 – 13 jam per hari, remaja 8 – 10 per hari, dan dewasa 7 – 9 jam per hari. Ini diperlakukan karena dilihat dari tingkat kekebalan tubuh setiap orang dimana bayi dan balita memerlukan waktu tidur yang panjang sebagai pemgembangan tubuh mereka.

Dibandingkan dengan remaja dan dewasa, tentunya memiliki pengembangan tubuh tetapi berbeda dengan bayi dan balita. Remaja dan dewasa memiliki kekebalan tubuh 10x dari bayi dan balita. Contohnya dari tingkat aktifitas dan gerakan tubuh remaja dan dewasa lebih tahan lama.

Selain dari seberapa lama waktu wajib tidur, ada hal lain juga yang perlu diperhatikan yaitu posisi tidur. Memang benar jika seseorang sudah tidur maka posisi yang akan terjadi adalah diluar alam sadar kita.

Posisi tidur ini diberikan untuk mengatur tubuh sebelum tidur. Atau kata lain sewaktu mau melakukan tidur lakukanlah posisi tidur yang benar yang dimana guna mempermudah organ-organ tubuh untuk memberi istirahat kepada organ tubuh yang sudah lelah atau mengeluarkan tenaga lebih.

Berikut team fenadami.com akan memberikan tips-tips posisi tidur yang baik dan benar untuk kesehatan tubuh anda.

1. Tidur Terlentang ( Kedua Tangan Berada di Samping Tubuh )

Posisi tidur yang pertama yang disarankan adalah tidur terlentang dengan posisi kedua tangan berada di samping tubuh. Posisi ini diketahui sebagai posisi tidur yang baik untuk tubuh anda dimana dengan posisi tidur terlentang tulang belakang anda dan leher bertepatan lurus dan mencegah tulang untuk membungkuk.

Jika anda menggunakan posisi tidur terlentang, hindarilah menggunakan bantal yang tinggi selama anda tidur. Dikarenakan jika menggunakan bantal yang tinggi akan mengakibatkan sakit tulang leher karena terlalu menekuk dan mendengkur.

Namun posisi tidur terlentang ini, tidak dianjurkan bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, karena berpotensi menyebabkan Sleep Apnoea. Sleep Apnoea adalah salah satu penyakit tidur yang biasa dinamakan dengan gangguan tidur. Dimana anda akan merasakan sesak napas dan bisa saja anda akan berhenti bernapas sejenak dan akan tersentak bangun.

2. Tidur Terlentang ( Tangan Berada Di Atas )

Posisi tidur kedua adalah tidur terlentang dengan tangan berada di atas. Posisi ini sering dikenal dengan sebutan posisi tidur starfish dan direkomendasikan untuk kesehatan punggung dan paru-paru anda.

Dimana kedua tangan akan menarik saraf lengan dan akan bersambung ke saraf paru-paru anda yang meregangkan keatas sehingga paru-paru bisa lebih leluasa memompa untuk bernafas.

Posisi tidur ini hampir sama dengan posisi tidur nomor satu yang dimana sama-sama bagus untuk kesehatan tulang punggung. Tentunya juga janganlah menggunakan bantal yang terlalu tinggi dimana menghindar penekukan tulang leher.

3. Tidur Tengkurap ( Membalikkan Badan )

Posisi tidur yang ketiga ini wajib dilakukan dengan hati-hati. Anda disarankan untuk bisa mengambil posisi bernapas yang baik. Karena badan kita yang membalik akan menutup wajah anda sehingga sudah pasti anda tidak bisa bernapas.

Lakukanlah cara anda sendiri dengan memiringkan wajah untuk mendapat bernapas dan tentunya carilah posisi yang relax untuk anda.

Posisi tidur ini diketahui bisa memperbaiki pencernaan dan juga bisa menyembuhkan penyakit asma atau sesak napas. Lakukan posisi tidur ini 3x dalam seminggu agar mendapat hasil maksimal. Dan jangan dipaksakan jika menurut anda tidur tengkurap kurang nyaman bagi anda.

Ketiga point tersebut adalah posisi tidur tebaik yang sudah dijamin dan dianjurkan oleh dokter kesehatan. Tidur adalah cara yang tepat untuk mengembalikan stamina anda yang telah terkuras karena kegiatan-kegiatan yang wajib.

Tidurlah dengan waktu yang sudah diwajibkan agar kesehatan dan kebugaran tubuh anda terjaga dan sehat selalu. Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai penyakit dan pastinya bisa merusak organ dalam tubuh anda.

Demikian informasi yang kami berikan tentang Posisi Tidur Yang Benar Untuk Kesehatan Tubuh”. Semoga menjadi bermanfaat dan menjadi panutan untuk para pembaca.

Terima Kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *